5 Alasan Ikut Berkompetisi


Hari gini, banyak sekali kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan mulai dari yang pesertanya SD bahkan sampai mahasiswa dan untuk umum. Kompetisi yang dimaksud di sini lebih ke arah kompetisi positif, seperti perlombaan, olimpiade, dan lain sebagainya. Di satu sisi, saya sering mendengar bahwa banyak orang yang tidak ikut kompetisi karena merasa kompetisi itu 'tidak penting'. Padahal, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa diambil ketika kita mengikuti kompetisi. Inilah dia 5 hal yang menjadi alasan mengapa kamu harus ikut suatu kompetisi.


1. Meningkatkan Keberanian dan Kompetensi Diri
Dalam kompetisi apapun itu, ketika kamu berani memutuskan untuk ikut di dalamnya berarti kamu sudah memutuskan menjadi seorang yang berani. Ya, karena tidak semua orang berani untuk mengikuti suatu kompetisi tertentu. Mulai dari yang meremehkan dirinya sendiri karena tidak bisa, rasa malas, atau beribu alasan yang lain. Selain itu dengan mengikuti kompetisi, kamu akan melakukan percepatan alias akselerasi untuk meningkatkan kompetensi diri kamu. Misalnya, kamu akan mengikuti kompetisi cerdas cermat IPA nasional, pasti akan berlatih keras dan mendapatkan pelajaran di mana anak-anak yang biasa tidak mendapatkannya. Luar biasa, bukan? Mau hasilnya menang atau kalah, tetapi satu hal yang pasti kamu semakin pintar dan cerdas!

2. Membuka Pikiran Menjadi Lebih Luas
Mengikuti kompetisi-kompetisi semacam itu akan mempertemukan kita dengan banyak orang-orang hebat bahkan seringkali lebih hebat dari diri kita sendiri. Hal ini dapat melatih diri kita untuk bisa berjiwa besar karena kalau kata orang, "di atas langit masih ada langit lagi." Orang yang tidak mau ikut kompetisi, biasanya akan merasa bahwa dirinya sudah cukup 'tinggi'. Padahal masih banyak orang-orang yang lebih hebat lagi. Mudah-mudahan dari hal itu bisa semakin bersemangat lagi untuk terus belajar karena banyak sekali orang-orang hebat di sekitar kita. Tentunya kamu mau menjadi lebih hebat lagi, bukan?

3. Mendapatkan Banyak Teman Berkualitas
Sewaktu saya mengikuti kompetisi apapun itu, tidak lupa untuk menjalin pertemanan dengan sesama peserta. Bahkan sampai saat ini masih terjalin dengan baik. Ketika saya kuliah di UI (T. Industri), teman saya itu kuliah di ITB (Elektro), kami berdua adalah peserta Competence Contest tingkat SMP dari sekolah yang berbeda. Kami masih berhubungan baik dan seringkali bertukar pikiran tentang kehidupan masing-masing. Begitu juga dengan kamu. Mengikuti kompetisi itu bukan semata-mata menang atau kalah. Tetapi kamu juga bisa menjalin pertemanan dengan banyak sekali orang-orang hebat! Manfaatkanlah momen-momen itu, kalau kamu punya kartu nama lebih baik agar bisa bertukar kartu nama.

4. Meningkatkan Daya Saing yang Sportif
Ini juga merupakan alasan yang paling penting. Saat ini di dunia globalisasi memang tidak bisa dipungkiri bahwa orang cenderung melihat mereka yang memiliki daya saing. Daya saing adalah keberanian dan kemampuan untuk bersaing karena memang memmiliki kapasitas yang unggul. Nah, dalam kompetisi-kompetisi semacam ini, diharapkan semua peserta dapat bersaing secara sehat dan unggul menunjukkan keahliannya masing-masing. Semakin sering ikut berkompetisi, maka nanti ketika di dunia sesungguhnya kita tidak kaget karena memang siapa yang tidak memiliki kemampuan dan daya saing dia akan ditinggalkan (kalau sudah seperti itu lebih baik berwirausaha, hehe...)

5. Menjadi Track Record yang Positif
Mengikuti kompetisi itu akan banyak memberikan kamu kemudahan di masa yang akan datang. Misalnya ingin mendaftar di SMA favorit, semakin banyak kamu ikut lomba (apalagi menang), maka semakin besar peluang kamu untuk diterima melalui jalur prestasinya. Seperti saya waktu itu diterima di Universitas Indonesia dari jalur prestasi yang alhamdulillah waktu itu menyertakan sertifikat memenangkan kompetisi nasional dan propinsi Jawa Barat. Itu juga ternyata berlaku untuk mendaftar kuliah di perguruan tinggi favorit dan juga kalau kamu nanti mendaftar kerja atau berwirausaha. Memiliki track record yang baik akan membuat hidupmu lebih menarik di masa yang akan datang, trust me.


Itulah dia 5 alasan mengapa kita harus mengikuti kompetisi. Menang itu penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah bersikap seperti pemenang. Jangan takut mengikuti kompetisi karena banyak sekali manfaat yang bisa diambil untuk diterapkan dalam kehidupan. Punya alasan-alasan lain kenapa harus berkompetisi Silakan sampaikan lewat comment box di bawah. Ciao!



Salam Hebat,
Arry Rahmawan
Peak Achievement Inspirator

Consulting and Education Services Company
arry.rahmawan@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-- Berikan Kesan dan Pesan Anda --

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...