Pentingnya Attitude

Daily Inspiration #3 : Pentingnya Sikap (Attitude)

Pernah suatu kali saya mengikuti sebuah training, di sana saya ditanya : Menurut Anda, apa yang paling menentukan kesuksesan seseorang? Waktu itu peserta training menjawab satu per satu. Termasuk saya yang saat itu menjawab kejujuran. Tetapi ternyata kejujuran itu hanya sebagian kecil untuk menemukan sukses itu sendiri.

Sang trainer kemudian menjelaskan, apabila diibaratkan setiap huruf itu bernilai angka sesuai urutannya maka ada satu kata khusus - yang bernilai 100 - di mana merupakan kunci determinasi paling tinggi dalam menentukan sukses. Hal itu tidak lain dan tidak bukan adalah : ATTITUDE.

Saya punya seorang teman yang dikenal sebagai seorang yang prestatif. Sebagai mahasiswa, dia memiliki banyak sekali prestasi. Prestasinya pun terbilang tidak main-main, mulai dari mendapatkan IPK yang tinggi di kampus, sampai dengan prestasi tingkat nasional sampai tingkat internasional. Namun teman saya ini, yang prestatifnya bukan main pernah suatu saat disurvey dan ditanyakan pendapat orang mengenai dirinya melalui sebuah simulasi permainan. Nama permainannya adalah madu dan racun (madu untuk menilai bahwa orang tersebut disukai, racun sebaliknya). Dan hasilnya dari orang yang mengikuti permainan tersebut, sebanyak 70% nya memberikan racun. Dan 30% nya tidak memberikan madu.

Pelajaran pentingnya adalah justru orang yang mendapatkan madu terbanyak adalah orang yang hangat terhadap orang lain. Care terhadap teman-temannya, dan juga murah senyum serta santun dalam bersikap. Walaupun mungkin secara prestasi, dia kalah jauh dibandingkan teman saya yang satu lagi. Tetapi semua sepakat orang ini layak untuk diberikan madu karena kehangatan dan kemampuannya bersikap menyenangkan dan menghargai orang-orang yang ada di sekitarnya.

Rekan-rekan sekalian, di sini dapat kita ambil pelajaran bahwa sebenarnya seseorang lebih jauh menghargai dan memandang kita dari bagaimana cara kita bersikap. Berapapun prestasi dan capaian-capaian intelektual tanpa dibarengi dengan sikap yang matang dan menyenangkan justru hanya akan membuat orang menjaga jarak dan tidak bersedia mendekatinya. Dengan ATTITUDE yang baik, maka sikap orang pun akan memberikan reaksi yang baik pula. Poin pentingnya adalah ATTITUDE inilah yang paling sering dilihat dan dirasakan dampaknya oleh orang lain sehingga menjaga sikap sangat penting untuk mencapai kesuksesan di kemudian hari.

Semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan! Salam Sukses!

Arry Rahmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-- Berikan Kesan dan Pesan Anda --

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...