10 Alasan Untuk Tersenyum

Daily Article #2 : 10 Alasan untuk Tersenyum oleh Arry Rahmawan

Kadang kita lupa bahwa sedekah yang paling ringan dan membuat orang nyaman adalah sebuah senyuman yang tulus. Tetapi banyak sekali dari kita (termasuk saya) yang terkadang meremehkan pentingnya senyum ini. Ada banyak sekali alasan mengapa sebenarnya kita harus tersenyum, berikut ini alasannya.

#1. Membuat diri kita menarik
Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa orang yang senantiasa tersenyum akan telihat lebih menarik daripada orang yang cemberut. Orang yang tersenyum menandakan pada semua orang di sekitarnya bahwa mereka adalah pribadi yang hangat dan ramah untuk diajak berinteraksi.

#2. Dapat mengubah mood
Sering merasa mood tiba-tiba jelek dan menjadi suram? Cobalah untuk tersenyum. Dengan senyuman tersebut akan dihasilkan fisiologis positif yang dapat mengubah kenyamanan mood sehingga menjadi lebih baik.

#3. Memberikan kenyamanan berkomunikasi
Tanyakan pada setiap orang yang berkomunikasi dengan kita. Senyuman dapat menjadi ciri utama bahwa kita menghormati dan menghargai lawan bicara kita.

#4. Dapat Menghilangkan Stress
Cobalah sesekali saat stress, lihat wajah di cermin. Kemudian tersenyumlah! Masih banyak hal di dunia ini yang mengharuskan kita untuk bersyukur. Senyuman membuat hidup menjadi lebih indah dan mudah. Stress pun hilang karena banyak solusi datang berawal dari sebuah senyuman.

#5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Tersenyum dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tindak lanjut dari pengurangan stress seperti poin sebelumnya. Mood yang jelek, stress yang berkepanjangan hanya dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita menjadi lebih mudah terserang penyakit.

#6. Mengurangi tekanan darah tinggi
Banyak artikel kesehatan yang merujuk bahwa stress dapat menyebabkan sakit jantung dan stroke. Maka senyuman dapat menjadi terapi yang paling murah dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan hipertensi.

#7. Mengeluarkan endorfin dan serotonin
Dengan tersenyum, perasaan bahagia yang ditimbulkan akan memicu hormon endorphine dan serotonin, di mana berfungsi untuk menahan rasa sakit dan menjadi antidepressant alami.

#8. Membuat tampak awet muda
Senyuman sebenarnya dapat mengurangi tarikan-tarikan pada otot wajah, sehingga membuat kita terlihat awet muda atau bahkan terlihat lebih muda dari yang semestinya. Sebaliknya, ketika wajah kita tidak tersenyum atau cemberut, justru akan menarik otot-otot wajah yang berpotensi menambah lipatan dan kerut yang akan membuat wajah tampak lebih tua.

#9. Membuat kita mensyukuri hidup
Orang yang senantiasa tersenyum mengesankan bahwa dirinya menikmati telah diberikan kesempatan untuk hidup. Dan memang seharusnya demikian, karena banyak nikmat yang kita terima setiap harinya, bukan? :)

#10. Menjaga perasaan positif
Dengan senyuman akan menjaga perasaan kita tetap positif. Perasaan positif ini penting karena nantinya akan memunculkan energi positif untuk membentuk mental yang positif pula. Sehingga dalam menjalani hidup ini kita dapat lebih bersemangat dan antusias dalam segala hal yang kita kerjakan.

Demikian 10 alasan mengapa kita harus tersenyum. Terangi orang-orang sekeliling kita dengan aura kehangatan yang kita miliki dengan sebuah senyuman.

Salam hangat,
Arry Rahmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-- Berikan Kesan dan Pesan Anda --

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...